MICROSOFT EXCEL 1
A.
Mengenal
Excel
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data
secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi,
pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu
untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha
sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya
membuat rencana kebutuhan barang meliputi nama barang, jumlah barang dan
perkiraan harga barang. Permasalahan ini sebenarnya dapat juga
diselesaikan menggunakan Microsoft Word karena hanya sedikit memerlukan
proses perhitungan, tetapi lebih mudah diselesaikan dengan Microsoft
Excel. Contoh permasalahan yang lebih kompleks adalah pembuatan laporan
keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, manajemen
data dengan menampilkan grafik atau pivot tabel atau penggunaan
fungsi-fungsi matematis ataupun logika pada sebuah laporan.
Penyelesaian permasalahan yang komplek juga dapat memanfaatkan pemograman
macro yang disediakan oleh Excel agar proses penggunaan lebih mudah.
B.
Mengaktifkan
Microsoft Excel 2007
Untuk
mengaktifkan Microsoft Excel, langkah-langkahnya sebagai berikut :
1.
Pilih
tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2.
Setelah
muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan
Pilih Microsoft ExceL, maka akan muncul lembar kerja Excel.
Cara lain adalah dengan menggunakan shortcut, yaitu mengklik double
ikon Excel yang ada di desktop. Setelah beberapa saat, akan muncul lembar kerja
Microsoft Excel.
C.
Mengenal
Elemen-elemen Microsoft Excel 2007
Sebelum melakukan pengolahan data pada Microsoft Excel, terlebih
dahulu kita harus mengetahui elemen-elemen yang ada di Microsoft Exel
Unsur-unsur utama Layar Microsoft Excel 2007:
1) Judul
Judul menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file
dari lembar kerja yang aktif.
2) Office Button
Berisi barisan perintah untuk pengoperasian Program yang standar
misalnya membuat dokumen baru, membuka dokumen lama, menyimpan, mencetak dan
mempublish dokumen.
3) Akses Cepat Toolbar (Quick Access Toolbar)
Merupakan sarana yang disediakan Microsoft Excel untuk mempercepat
akses berkomunikasi dengannya misalnya menyimpan, mencetak dan sebagainya.
4) Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar) yang mewakili perintah
dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
5) Help
Bila kita ingin bertanya sesuatu, maka ketik pertanyaan anda pada
tempat tersebut. Ms Excel akan memberikan alternatif jawaban terhadap
pertanyaan yang dimaksud.
6) Lembar Kerja (Workbook)
Baris ini berisikan informasi halaman, section, letak insertion
point dan tombol pengendali.
7) Cell
Merupakan pertemuan antara baris dan kolom.
8) Nomor Baris
9) Nomor Kolom
10) Nama Range
11) Fungsi
12) Penggulung vertical dan horisontal
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung
layar vertikal dan horisontal.
D.
Pengaturan
lembar kerja (Worksheet)
Ada beberapa langkah, yaitu;
§
Menganti
nama
s
Arahkan
pointer ke nama lembar kerja
s
Klik
kanan
s
Klik rename
s
Ketik
nama baru yang diinginkan, lalu tekan enter
§
Menyisipkan
lembar kerja
s
Arahkan
pointer ke nama lembar kerja
s
Klik
kanan
s
Klik
insert
s
Klik worksheet
s
Klik
ok
§
Menghapus
lembar kerja
s
Arahkan
pointer ke nama lembar kerja
s
Klik
Kanan
s
Klik
delete
§
Meng-copy
lembar kerja
s
Arahkan
pointer ke nama lembar kerja
s
Klik
kanan
s
Klik
move or copy
s
Klik
kotak opsi create a copy
s
Klik
ok
§
Memindah
lembar kerja
s
Arahkan
pointer ke Sheet (lembar kerja) yang diinginkan
s
Drag
sesuai lokasi yang diinginkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar