Selasa, 11 Desember 2012

MICROSOFT EXCEL



A.      Fungsi Kelompok Text
a.    Left : mengambil karakter yang ada di sebelah kiri dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =LEFT(teks, jumlah_karakter) : teks bisa diganti dengan cell
Contoh:
=LEFT(“yogyakarta”,5) menghasilkan : yogya
b.    Right : mengambil karakter yang ada di sebelah kanan dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =RIGHT(teks, jumlah_karakter)
Contoh:
=RIGHT(“yogyakarta”,5) menghasilkan :karta
c.    Mid : mengambil karakter yang ada di tengah dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =MID(teks, angka_awal, jumlah_karakter)
Contoh:
=MID(“yogyakarta”,5,4) menghasilkan : akar
d.   Upper : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital.
Contoh :
=UPPER(“saya”) menghasilkan SAYA
e.    Lower : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada
suatu teks menjadi huruf kecil.
Contoh :
=LOWER(“SAYA”) menghasilkan saya
f.     Proper : mengubah karakter pertama dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital dan mengubah huruf berikutnya dengan huruf kecil.
Contoh : =PROPER(“saya sedang praktikum”) menghasilkan Saya Sedang Praktikum
g.    Len : mengambil karakter terkiri sejumlah yang dinyatakan pada argumen jumlah_karakter.
Contoh : =LEN(“Praktikum”) menghasilkan 9
h.    Text : mengubah angka menjadi teks dengan jumlah desimal sesuai yang dinyatakan pada argumen format_teks.
Penulisan : =TEXT(angka, format_teks)
Contoh : =TEXT(100/4,“0.00”) menghasilkan 25.00

Catatan !!! Tanda koma ( , ) diatas dapat juga diganti dengan tanda titik koma ( ; ), disesuaikan dengan komputer yang dipakai.

B.       Fungsi Bantu Logika
a.    And (Logical 1,logical 2,…)
menghasilkan argument true jika semua logika benar.
b.    Or (Logical 1,logical 2,…,logical 30)
menghasilkan argument true jika salah satu logika benar.
c.    Not (Logical)
menghasilkan kebalikan logika.
d.   If (Logical Text, Value True, Value False)
menghasilkan argument dengan pemenuhan syarat yang telah ditentukan.

Cara pengerjaannya :
§ Rumus untuk cell E3 adalah “=IF(AND(C3>=20;D3>=2);"Lolos";"Gagal")
§ Untuk cell yang dibawahnya, tinggal letakkan pointer di pojok bawah dari cell E3 hingga pointer berbentuk seperti tanda plus, kemudian drag ke bawah.

C.      FUNGSI PENCARIAN DAN RUJUKAN EXCEL (LOOKUP)
Fungsi Lookup hampir sama dengan fungsi IF, akan tetapi memiliki jawaban yang lebih banyak dibanding IF.
Fungsi Lookup merupakan fungsi untuk mencocokkan sebuah data dengan sebuah tabel yang telah disiapkan secara khusus. Ada 2 tabel dalam fungsi Lookup, yaitu :
1)      Tabel utama, berisi data yang akan diproses.
2)      Tabel referensi, berisi pilihan jawaban beserta jawabannya.
Fungsi Lookup ada  2 macam, yaitu :
               [1]          VLOOKUP
Fungsi Vlookup digunakan untuk mencari nilai berdasarkan pembacaan pada tabel referensi yang ditentukan berdasarkan no kolom (data tersusun secara vertikal). Bentuk Penulisan :
=VLOOKUP(Kriteria;Tabel_Rujukan;No_Kolom_Tabel_Rujukan;Rangelookup)
               [2]          HLOOKUP
Fungsi Hlookup digunakan untuk mencari nilai berdasarkan pembacaan pada tabel referensi yang ditentukan berdasarkan no baris (data tersusun secara horizontal).
Bentuk Penulisan
=HLOOKUP(Kriteria;Tabel_Rujukan;No_Baris_Tabel_Rujukan;Rangelookup)

D.      Membuat Grafik (Chart) Dari Data yang Tersedia
Contoh :
Buatlah grafik dari tabel di bawah ini :


Cara membuat grafiknya adalah :
1.      Blok kolom Nama dan kolom Pengalaman kerja
2.      Pilih dan klik Insert
3.      Klik Chart, lalu pilih dan klik bentuk grafik yang diinginkan
4.      Maka akan memberikan hasil seperti gambar di bawah




Tidak ada komentar:

Posting Komentar